Kamis, 05 Januari 2017

Imunisasi Pra-Nikah, Apa Sih Pentingnya?

Imunisasi Pra-Nikah, Apa Sih Pentingnya? - Pernikahan merupakan peristiwa yang dianggap penting oleh kebanyakan orang. Sehingga setiap pasangan yang akan menikah tentu saja selalu melakukan persiapan-persiapan yang matang. Namun dari sekian banyak persiapan, ada satu yang dianggap kurang penting oleh kebanyakan pasangan yang akan menikah. 

Imunisasi Pra-Nikah, Apa Sih Pentingnya?
Imunisasi Pra-Nikah

Entah itu karena kurangnya informasi yang didapatkan atau karena biaya. Dan persiapan itu adalah vaksinasi atau imunisasi Pra-Nikah. Pentingnya imunisasi Pra-Nikah berhubungan erat dengan berbagai macam proses setelah menikah.

Imunisasi Pra-Nikah, Apa Pentingnya ?

Jawabannya adalah penting, mengapa demikian? Pentingnya imunisasi Pra-Nikah berkaitan erat dengan proses kehamilan, persalinan, dan kesehatan ibu dan bayi nantinya. Ahli medis menyebutnya dengan istilah “Premarital Vaccination“. Ada beberapa vaksin yang memang dianjurkan sebelum menikah antara lain:

Tetanus Toxoid
Mungkin banyak yang sudah mendengar mengenai imunisasi ini. Imunisasi Tetanus Toxoid merupakan proses pembentukan kekebalan terhadap penyakit tetanus yang disebabkan oleh bakteri clostridium tetani, yang masuk melalui luka. 

Kuman ini menyebar lewat aliran darah dan dapat menyebabkan kejang. Imunisasi TT diberikan 5 kali untuk seumur hidup (TT long life). Imunisasi ini bisa didapatkan secara mudah di pelayanan kesehatan seperti puskesmas. 

Dan yang perlu ditekankan, imunisasi ini sebenarnya tidak hanya khusus untuk perempuan, tapi laki-laki pun juga bisa. Dan biaya untuk imunisasi ini tidak mahal. 

Namun tidak semua calon pengantin wanita (CPW) akan mendapatkan suntikan imunisasi ini, ada kriteria tertentu untuk menentukan masih perlu suntikan kembali atau sudah lengkap 5 kali. Dan Perlu adanya penjelasan lebih dalam mengenai hal itu, mungkin bisa dibahas di postingan selanjutnya.

HPV
Human Papiloma Virus(HPV) merupakan virus yang menyebabkan kanker serviks atau kanker leher rahim dan kutil kelamin pada pria dan wanita. Virus HPV menular lewat hubungan seksual dan menginfeksi daerah dubur dan alat kelamin pada pria dan wanita. 

Saat ini terdapat 130 tipe HPV yang berhasil diidentifikasi dengan 12 tipe beresiko mengakibatkan keganasan. Wanita usia 20-24 tahun dan pria usia 25-29 tahun menjadi sasaran utama HPV. 

Apalagi yang memiliki lebih dari satu pasangan seksual dan merokok. Imunisasi HPV sebaiknya diberikan sebelum menikah sebanyak 3x suntikan. Dan biaya yang diperlukan memang cenderung lebih mahal. Imunisasi ini bisa di dapatkan di rumah sakit, DSOG(Dokter Kandungan) maupun di klinik khusus vaksinasi.

Hepatitis B
Penyakit ini menular melalui cairan tubuh yang terkontaminasi. Menyebabkan sakit kuning bahkan sirosis dan kanker hati. Hepatitis B menular lewat transfusi darah, hubungan seksual dan penggunaan barang pribadi bersama. Penyakit ini disebabkan virus dan menyerang liver. 

Vaksin hepatitis B diberikan 3x dengan jarak satu dan enam bulan. Dua dosis pertama untuk membentuk antibodi dan yang ketiga untuk meningkatkan kadar antibodi.

MMR (Mumps-Meales-Rubella)
Mumps atau gondongan ini dapat menyebabkan ketidaksuburan atau infertilitas. Sedangkan rubella pada ibu hamil akan berdampak buruk pada janin yang dikandungnya. Bayi bisa mengalami katarak selama hidupnya. Imunisasi ini dapat diberikan 1x sebelum menikah. 

Varicella Zoster Virus
Virus varicella dapat menyebabkan penyakit cacar air atau herpes. Jika penyakit ini diderita ibu hamil trimester ketiga, maka bayi yang dilahirkannya juga akan menderita cacar air. Vaksin ini diberikan 1x sebelum menikah dan harus diberikan dalam keadaan sehat.

Imunisasi Pra-Nikah: Jadwal Penyuntikan Ideal

Jadwal Penyuntikan yang Ideal:
7 bulan sebelum menikah : HPV (I), Hepatitis B (I)
6 bulan sebelum menikah : HPV (II), Hepatitis B (II)
4 bulan sebelum menikah : MMR, Varicella
1 bulan sebelum menikah : HPV (III), Hepatitis(III)

Tindakan preventif atau pencegahan memang harus dan selalu dilakukan. Tapi jika tindakan itu sudah dilakukan dan masih terjangkit maka itu sudah diluar kuasa manusia. Berikut tulisan tentang pentingnya imunisasi Pra-Nikah untuk memulai menulis blog Jadiibu. 

Semoga tulisan tentang pentingnya imunisasi Pra-Nikah dapat bermanfaat dan meningkatkan kesadaran pasangan yang ingin menikah.

0 komentar:

Posting Komentar